Senin, 10 April 2023

Mille Feuilles

Bahan 

Kulit 

250 gram terigu

sedikit garam

200 gram mentega didinginkan sampai keras dan dibagi menjadi 4 bagian

100 cc air es.

Vla:

50 gram terigu 

25 gram maizena

500 cc susu

200 gram gula pasir 

2 butir kuning telur dikocok sampai putih.


Cara Membuat ;

Campur terigu, garam, 1/4 bagian mentega dan aduk dengan mempergunakan 2 buah pisau hingga mendapatkan adonan yang berbutir butir seperti pasir, tambahkan air es sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan ujung jari. 

Gilas adonan setebal 1/2 cm kemudian letakkan potongan tipis dari 1/4 bagian mentega di tengah-tengah dan gilas kembali kemudian lipat menjadi 3 lipatan. Diamkan 10 menit. Gilas tipis kembali kemudian letakkan potongan tipis dari 1/4 bagian mentega ditengah-tengah, lipat ke tengah lapisan yang kosong kemudian gilas kembali. Lakukan hal tersebut sampai seluruh bagian mentega terpakai.

Gilas adonan setebal 1/2 cm dan lebar 4 cm, kemudian letakkan di loyang yang sudah diolesi air. Panggang sampai matang. Ambil satu lembar adonan yang sudah matang kemudian oleskan vla dan tumbuk satu lembaran lagi. Taburkan di atasnya gula halus kemudian potong-potong menurut kehendak.

Vla;

Cairkan terigu dan maizena dengan sedikit susu. Masak sisa susu dan gula pasir sampai mendidih kemudian masukkan sedikit demi sedikit cairan tepung sambil diaduk sampai matang. Tambahkan kocokan kuning telur. Kalau suka, dapat ditambahkan rhum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar