Rabu, 22 April 2020

PANTAI Tebing


tipologi ; wisata alam. Terletak di desa sambik bangkol Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara. Aksesibilitas dari Kota Mataram-Pemenang- Gangga

Pantai tebing yang terletak di lombok utara adalah pantai yang berpasir hitam, pantai tebing tergolong pantai yang sangat bersih baik di darat ataupun di di lautnya kebersihan pantai tebing ini sangat terjaga, bisa dibuktikan dengan tumbuh suburnya karang-karang di pantai ini.

Dinamakan pantai tebing, karena pantai ini mempunyai tebing yang tingginya lebih kurang 20 meter, sebenarnya terbentuknya tebing ini berawal dari letusan dahsyat gunung rinjani tua atau samalas pada tahun 1257, letusan samalas diungkap dalam kajian ilmiah jurnal Proceeding of The National Academy of Sciences terbitan akhir September 2013 dalam artikel "Source of the Great AD 1257 Mystery Eruption Unveiled. Samalas Volcano, Rinjani Volcanic Complex, Indonesia". (Dibudpar NTB). Walaupun namanya pantai tebing, tetapi pantai ini bukanlah tempat orang melakukan olahraga panjat tebing. Dari pantai tebing ini, kurang lebih 5 meter dari bibir pantai, anda akan menemui banyak orang yang memancing sambil berendam.

Cara  menuju Pantai tebing Lombok Utara sangatlah mudah. Apabila anda berangkat dari Kota  Mataram yang berjarak sekitar 80 Km dari patai tebing, anda hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam saja. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun  kendaraan umum seperti bus kecil maupun taxi sedangkan dari pusat kota Tanjung, tempat dimana asal sate tanjung, anda hanya membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit kearah timur, pantai ini terletak sekitar 200 meter dibelakang SMPN 2.

(instagram@ree_mind, merahputih.com)

Adapun fasilitas yang tersedia yaitu tempat parkir dan warung/kios makanan. untuk tempat penginapan masih belum tersedia. Adapun kekurangannya adalah tidak tersedianya tempat penginapan disekitar pantai ini.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar